Cara Mengatasi Bridged Adapter Not Selected di VirtualBox

 

Sobat Blogger, Kalian mungkin pernah mengalami hal seperti ini? saat akan mengatur adapter pada interface VirtualBox tiba-tiba pilihan nama interface "Not Selected". 
Buyar semuanya.....!!!

Tenang... !!! 
Jangan Panik... !!!
Silahkan duduk manis sambil seruput kopi dan baca pelan-pelan artikel berikut ini.


Cara Mengatasi Bridged Adapter Not Selected di VirtualBox

Jika terjadi kasus seperti di atas, solusi paling sederhana yang sobat Blogger bisa lakukan adalah menutup (close) semua jendela VirtualBox yang sedang aktif, lalu coba untuk menghapus instalasi (uninstall) virtualBox dari komputer kamu, lalu lakukan install untuk kembali. Untuk memperoleh aplikasi terbarunya di sini

Untuk beberapa kasus biasanya langkah ini cukup berhasil mengatasi masalah itu. Lalu bagaimana jika seandainya kasus itu ternyata berlanjut, alias tetap saja tidak berhasil menghilangkan kasus "Not selected" pada pilihan nama untuk tujuan interface yang akan dijadikan  Bridge-Adapter. 

Ikuti langkah-langkah berikut :

Pertama : 
Tutup jendela VirtualBoxnya, boleh juga tidak, ini hanya saran.

Kedua :  
masuk ke pengaturan Adapter Komputer Sobat, dengan cara klik kanan icon Network (jaringan) yang ada di sudut kanan bawah dekat Jam komputer sobat bloggerku



Lalu pilih Open Network & Internet Settings


Pilih menu "Cange Adapter Options" 

Lalu pada jendela Network Concections, pilih salah satu icon adapter dan lakukan klik kanan, pilih propertis.


Lalu perhatikan isi dari komponen Ethernet Properties seperti di bawah ini.


Ada yang kurang ternyata Sobat Blogger, seharusnya ada pilihan "VirtualBox Bridged Networking Driver di dalamnya, seperti gambar berikut ini.


JIka benar itu yang terjadi pada komputer Sobat Blogger, maka solusinya adalah, menambahkan item itu dengan cara klik tombol Install yang ada di jendela itu. Selanjutnya, system Wizard akan mengarahkan Sahabat Blogger ke Jendela "Select Network Feature Type", silahakan memilih "Service", lalu klik tombol "Add"


Pilih Manufactur "Oracle Componen" dan Pilih Network Service pada jendela sebelah kanan "VirtualBox NDIS6 Bridged Networking Driver" Lalu Pilih Oke.


Jika dalam langkah ini ternyata sobat blogger tidak menemukan sajian menu seperti pada gambar di atas, maka langkah selanjutnya selahkan mengikuti tahapan berikut,


JIka kasus berlanjut seperti yang dimaksud pada paragraf di atas, maka langkah selanjutnya system akan mengarahkan sahabat Blogger untuk mencari sumber driver untuk menginstal komponen atau paket itu, jika List yang tersedia kosong, lakukan pencarian ke dalam system dengan memilih tombol "Have Disk"


Selanjutnya akan terbuka jendela "Install From Disk", Klik tombol "Browse"


Selanjutnya kita akan diarahkan untuk mencari drivernya pada folder yang menyimpan paket driver adapternya, cari pada folder Virtualbox di folder "Program Files" atau "Program Files (x86)" tergantung system operasi type apa yang sahabat Blogger gunakan di kompi masing-masing, termasuk aplikasi dukungan yang digunakan, x64 atau x86...? Cari saja di kedua folder Program Files-nya... 
  

Buka Folder "Oracle" 


Pilih dan buka folder "drivers"


Pilih dan buka folder "network"


Pilih dan buka folder "netlwf"


Terakhir klik files "VBoxNetLwf" lalu Open, 

Klik OK, system akan mengarahkan untuk menginstall, silahkan tunggu sampai selesai
Jika sudah selesai, silahkan di coba kembali untuk mengatur Adapter-Bridge pada VirtualBox sahabat Blogger.

Selesai












Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer