APA ITU LAN ....?

Apersepsi

Dalam banyak referensi, perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN biasanya hanya dijelaskan berdasarkan luas area cakupan/jangkauannya, dimana LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang dibangun untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu area yang cakupannya tidak lebih dari satu kilometer, MAN sendiri adalah bentuk jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan komputer antar kota, dan sementara WAN adalah jaringan yang mengubungkan komputer dalam skala yang lebih luas bahkan sampai mencakup belahan dunia. Pengertian sama sekali tidak pernah menjelaskan perbedaan kedua istilah itu dari sisi penggunaan perangkat ataupun bentuk jaringan logisnya. Sehingga yang terbangun adalah, pemahaman hanya didasarkan pada luas area cakupan sebuah jaringan dan tak mampu menjangkau nalar setiap pemula yang ingin belajar untuk mengenal lebih jauh perbedaan ketiga bentuk jaringan itu yang sebenarnya.

Sebenarnya itu tidaklah keliru jika pengertian itu dijelaskan dengan menyertakan pemahaman bahwa yang dimaksud adalah pengertian yang didasarkan pada luas cakupan jangkauannya, meski di erah industri 4.0 seperti sekarang ini, pengertian itu tidak lagi sepenuhnya relevan mengingat kemampuan teknologi jaringan tak lagi membatasi luas area koneksinya. Untuk memahami pengertian bentuk jaringan yang sebenarnya maka diperlukan penjelasan bagaimana jaringan itu dibangun secara logik dan perangkat apa saja yang seharusnya digunakan untuk membangun jaringan itu. 


Pengertian LAN



LAN (Local Area Network) adalah Jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat node (setiap komputer, printer, gadget atau periferal yang tersambung dalam jaringan) dalam satu area dengan menggunakan 1 buah Network ID yanf sama. Sedangkan perangkat jaringan yang digunakan dalam membangun infrastruktur jaringan LAN disesuaikan dengan kebutuhan dan efisiensi penggunaannya. Bisa saja semua perangkat jaringan seperti switch/hub, bridge, repeater, access point, interface wifi dan etehertnet cart digunakan kecuali router. itu jika LAN yang dibentuk cukup besar atau luas dan membutuhkan layanan yang cukup kompleks. 

Network ID atau biasa disebut Network Address sendiri adalah identitas jaringan yang dibentuk dari bagian IP Address yang ditandai dengan subnet mask bernilai 1 (jika dikonversi ke dalam bilang biner) dan menjadi deret angka IP yang harus sama pada setiap komputer dalam membentuk satu jaringan  LAN. Host ID sendiri adalah bagian IP Address yang ditandai oleh subnet mask bernilai 0 (nol) yang akan diganti dengan angka yang selalu ditulis berubah karena dijadikan sebagai nomor urut komputer. sebagai contoh :

Komputer 1 : Address: 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0
Komputer 2 : Address: 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0
Komputer 3 : Address: 192.168.1.3 netmask 255.255.255.0
Komputer seterusnya : 192.168.1.xxx netmask 255.255.255.0

IP Address yang diketik berulang (192.168.1 yang ditandai dengan subnet mask 255.255.255....) inilah yang disebut IP Network (Network ID), sedangkan angka 1, 2, 3, dan seterusnya adalah IP Host (Host ID) untuk setiap komputer. Angka itu akan terus bertambah sesuai jumlah komputer yang digunakan dalam membangun jaringan LAN.


Network ID atau dikenal dengan istilah Network Address, jika dibuat perumpamaan dalam lingkungan sekitar kita diibaratkan seperti sebuah nama blok dalam satu perumahan, seperti Blok A, Blok B, Blok C, dan seterusnya. Host ID-nya sendiri dapat dianalogikan sebagai nomor bangunan rumah setiap Blok perumahan. 

Satu blok perumahan itu jika digambarkan sebagai satu LAN, maka identitas Network ID-nya adalah Blok A, Blok B, Blok C, dan seterusnya. Satu Blok dalam perumahan itu di dalamnya terdiri dari beberapa rumah dengan nomor masing-masing. Nomor setiap rumah dalam satu Blok itulah Host ID-nya. Jika dalam blok perumahan alamat sebuah rumah ditulis dengan bentuk Blok A No. 1 yang artinya bahwa network ID-nya rumah itu adalah Blok A dan Host ID-nya atau nomor bangunan rumahnya adalah No.1, maka dalam sebuah jaringan komputer, alamat sebuah komputer ditulis menjadi 192.168.1.1 yang artinya komputer itu berada di jaringan 192.168.1.0 atau disingkat 192.168.1 dan nomor komputernya (host) adalah 0.0.0.1 atau di tulis 1. Demikian juga untuk bentuk IP Address lainnya. 



Catatan Penting :
Jaringan LAN adalah jaringan yang dibangun dari 1 Network Address (Network ID) yang sama. Sebuah Jaringan LAN akan terbentuk dan terhubung jika Network ID setiap komputernya sama, dan Host ID-nya dibuat berbeda dan berurut satu sama lainnya pada sejumlah komputer yang ada. Jangan lupa kabel jaringan atau Wireless sudah terpasang/terkoneksi dengan baik.   


Kenapa tidak pakai  Router?

Router adalah perangkat jaringan yang tugas utamanya adalah menghubungkan 2 atau lebih Network ID yang berbeda. sementara LAN hanya pakai 1 Network ID, Karena LAN hanya dibangun dari 1 Network saja, tentu jaringan ini tidak butuh router di dalamnya. Bagaimana sahabat blogger?

Bagaimana dengan MAN dan WAN?

Untuk materi ini, kita akan bahas pada artikel selanjutnya, jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke blog ini sahabat bloggerku....

"Pantang Pulang Sebelum Repply"
Salam IT.

 

Komentar

Postingan Populer